2006-06-07

Siluman Laba-Laba

Dalam Budhisme diajarkan bahwa akar penderitaan adalah keinginan. Saat kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, itulah penderitaan. Atau saat kita mendapatkan apa yang tidak kita inginkan, itulah penderitaan. Keterikatan pada keinginan itulah yang menjadi sumber dari penderitaan. Lepas dari keterikatan tersebut berarti terbebasnya seseorang dari penderitaan (samshara).

Dalam serial Kera Sakti dikisahkan Biksu Thong dan ketiga kawannya yang nakal dan lucu: Pat Kai (Siluman Babi), Sun Go Kong (Siluman Kera), dan Wu Ching (mantan dewa yang kehilangan kebijaksanaannya) sedang melakukan perjalanan ke barat mencari Kitab Suci. Dalam perjalanan tersebut mereka seringkali dicegat berbagai siluman yang jahat dan kejam yang bermaksud menggagalkan niat mereka. Ada Siluman Mimpi, Siluman Api Sakti, Siluman Kerbau, Siluman Ular... Dan Siluman Laba-Laba.

Tentu semua itu hanya metafora saja; dalam diri kita pun terdapat sifat-sifat ini: sifat mata keranjang dan suka perempuan (dipersonafikasikan sebagai Pat Kai), sifat yang nakal dan tak bisa diam (Sun Go Kong), dan kadang kita pun begitu bodoh hingga sulit mendengar pendapat yang berbeda (Wu Ching adalah personafikasi kebodohan). Kabar baiknya adalah: ketiga 'siluman' yang nakal dan lucu tersebut adalah sahabat kita, teman seperjalanan kita dalam mencari Kitab Suci (Kebajikan). Ketiganya tak akan membahayakan kita selama mereka patuh pada Biksu Thong (Pecinta Kebajikan).

Namun dalam perjalan tersebut: akan ada banyak siluman yang menghadang: Siluman Mimpi, menipu kita dengan berbagai ilusi, Siluman Api Sakti yang pernah mengurung Kera Sakti dan kawan-kawannya dalam buah labunya (kita pun sering terkungkung dalam 'ego' kita sendiri, dan tak bisa keluar dari sana).... Dan Siluman Laba-Laba: siluman ini sering menggoda kita dengan berbagai keinginan dan kerakusan, keinginan-keinginan tersebut seperti jaring laba-laba yang akhirnya membelenggu Jiwa. Dalam tataran yang lebih 'luar': keinginan-keinginan tersebut tak henti-hentinya menciptakan berbagai masalah dan persoalan, seperti yang membelenggu bangsa dan negara kita ini.

San chai, san chai.....